5 Tip untuk Picu Kreativitas dalam Dirimu dan Meraih Sukses

Tidak peduli apa pun bentuknya, kreativitas adalah sebuah hal produktif yang harus dimiliki oleh semua orang. Apa pun profesi yang kamu jalankan, kreativitas akan membantumu untuk dapat bersinar di mana pun kamu berada.

Kreativitas dalam dirimu tidak akan sama dengan orang lain. Karenanya, kamu harus mengetahui apa potensi yang ada di dalam dirimu sebelum mengembangkannya.

Menurut penelitian Carol Dweck dari Stanford University, seseorang yang pintar dan kreatif adalah berkat usaha dan kerja keras mereka dalam memanfaatkan potensi diri, bukan bawaan sejak lahir. Memang ada beberapa orang yang terlahir menjadi mahir di sebuah bidang, tetapi bukan berarti kita tidak bisa berada di level mereka.

Pada dasarnya, kita semua memiliki talenta masing-masing yang mungkin saja tidak pada bidang sama dengan orang lain. Bisa saja kita lebih kreatif di bidang seni, penulisan, atau bahkan di dalam bisnis.

Kreativitas lahir karena ada proses pembelajaran, latihan, dan pengembangan.
Setiap orang berhak memilih jalan yang diinginkan untuk mengembangkan sisi kreatifnya. Kreativitas lahir karena ada proses pembelajaran, latihan, dan pengembangan, sama dengan hal lain yang kita lakukan dalam keseharian kita (seperti ketika belajar naik sepeda). Makin sering kamu melibatkan kreativitas dalam keseharian, Makin pesat hal tersebut akan berkembang.

Jadi, bagaimana cara untuk dapat memicu kreativitas sebagai bagian dalam hidup kita? Berikut adalah beberapa tip yang dapat kamu coba agar terus kreatif, baik di lingkungan pekerjaan ataupun keseharian.

Membuat lingkungan yang kreatif

Semua orang bisa menjadi kreatif, tidak terkecuali kamu. Kamu hanya membutuhkan lingkungan yang tepat, stimulan, dan dukungan dari orang-orang di sekitarmu.

Saat kita kecil dahulu, kita memiliki tingkat kreativitas yang sangat tinggi karena belum mengetahui rasa takut akan kritik dari orang-orang di sekitar, atau rasa malu dari kegagalan. Ketakutan inilah yang menghalangi seseorang untuk dapat menjadi seorang pribadi kreatif.
Mungkin inilah yang menjadi alasan Google membuat lingkungan kerja untuk karyawannya seperti sebuah taman bermain untuk dewasa—yang lengkap dengan lapangan voli pantai serta bir gratis. Tujuan utama mereka adalah menciptakan lingkungan yang membuat para karyawan nyaman dan rileks untuk berkreasi, bahkan dengan ide tergila sekalipun.

Kamu juga dapat memulai untuk membuat lingkungan yang kreatif dari hal-hal kecil di sekitar, seperti merapikan meja kerjamu, menambahkan berbagai ornamen seperti mainan dan pajangan (mungkin foto pacar, istri, atau anakmu?) serta berbagai hal lainnya yang akan memicu kreativitas.

Walau kantormu belum seperti Google, setidaknya kamu telah memulai untuk membuat meja kerjamu menjadi tempat yang nyaman untuk berkreasi.

Menggambar sesuatu

Dulu, menggambar sesuatu di saat kelas sedang berlangsung dianggap menjadi sebuah aktivitas yang mengganggu fokus siswa dalam belajar. Anggapan ini ternyata tidak sepenuhnya benar.

Dengan membiasakan diri menggambar, kamu akan membebaskan pikiranmu dari pola pikir yang umum dan linear.

Menggambar—apa pun wujud yang kamu gambar—ternyata tidak terbukti mengaburkan fokus seseorang dalam melakukan aktivitas. Sebaliknya, menggambar dapat menjaga seseorang tetap fokus dalam sebuah aktivitas dan menjaga agar pikirannya tidak terlalu jauh mengembara.

Salah satu manfaat lain dari menggambar adalah kemampuannya untuk meningkatkan kreativitas seseorang. Dengan membiasakan diri menggambar, kamu akan membebaskan pikiranmu dari pola pikir yang umum dan linear. Informasi yang kamu terima akan diproses dengan cara yang unik, dan kemampuanmu untuk melihat hal-hal dari berbagai perspektif juga akan meningkat.

Latihan berbicara di depan umum

Berbicara di depan umum—apa pun bentuknya—adalah sebuah seni pertunjukan yang membutuhkan kepercayaan diri tinggi serta latihan rutin. Untuk menguasai kemampuan berbicara di depan umum, kamu akan membutuhkan kemampuan seperti:
Menjawab pertanyaan dengan cepat,
Fokus dalam penyampaian pesan,
Memberikan kesimpulan yang berkesan,
Mengendalikan gerak tubuh dan suara secara benar, dan
Membaca kondisi ruangan.
Berbagai kemampuan tersebut akan banyak melibatkan pola pikir kreatif dalam pelaksanaannya.

Bagi beberapa orang, berbicara di depan umum mungkin bukanlah sebuah hal yang rutin dilakukan. Tetapi akan menjadi sebuah mimpi buruk apabila kamu tidak siap ketika kamu harus melakukannya.

Sama seperti hal lain dalam hidup kita, jika tetap tekun untuk berlatih, lambat laun kita akan mampu untuk melakukannya. Selain kamu dapat mencoba untuk berbicara di depan kaca, tentu saja terdapat berbagai peluang di luar sana untukmu melatih diri berbicara di depan public.

Kamu juga dapat mendaftarkan dirimu dalam sebuah sesi public speaking, mencoba untuk menjadi narasumber atau moderator di berbagai acara, mengajar di kelas yang menjadi keahlianmu, atau apa pun! Jangan biarkan dirimu dirundung ketakutan akan tampil di depan umum. Beranikan diri dan taklukkan audiens di hadapanmu!

Bereksperimen dengan aplikasi editing

Sebagian besar orang senang mengambil gambar dari lensa kamera. Baik itu hanya dokumentasi dari acara akikah keponakan, pernikahan sahabat karib, atau sekadar outing perusahaan.

Tetapi tahukah kamu, dengan sedikit kreativitas, kamu dapat menjadikan foto dan video tersebut menjadi kenangan yang lebih berkesan? Berbagai tool gratis tersedia di Internet untuk dapat kamu gunakan berkreasi dengan foto dan video yang kamu tangkap.

Kamu ingin membuat sebuah album foto digital? Kamu dapat memanfaatkan aplikasi-aplikasi seperti Adobe PhotoShop, PixelMator, atau InkScape. Kamu ingin membuat video dari hasil dokumentasi outing perusahaan? Kamu dapat memanfaatkan aplikasi seperti Adobe Premiere, Quik, atau bahkan iMovie.

Ingin membuat sendiri musik untuk mengiringi video yang kamu buat? Hubungkan alat musik yang kamu punya dengan PC/laptop dan jalankan aplikasi seperti GarageBand, Audacity, atau aplikasi berbayar seperti Sonar atau Cubase.

Mengasah kemampuan penyuntinganmu lewat aplikasi-aplikasi di atas akan memancing penggunaan indra audio visualmu memanfaatkan berbagai konten, dan menggabungkannya menjadi sebuah karya multimedia yang indah.

Mulai menulis blog

Tidak ada salahnya menulis di blogmu sendiri. Bingung ingin menulis apa? Kamu bisa menulis apa pun di blog tersebut, mulai dari keseharianmu, kegiatan atau hobi apa yang sedang kamu jalankan, atau bisa saja kamu menulis tentang ulasan makanan atau gadget yang sedang kamu gunakan. Jangan takut untuk menggunakan imajinasimu dalam menulis, karena inilah yang menjadi salah satu pemicu kreativitas yang ada dalam dirimu.

Selain itu, blog juga dapat berfungsi sebagai portofolio dari seluruh karya yang pernah kamu buat. Dengan melakukan aktivitas blogging, kamu juga akan menjadi pribadi yang lebih kritis dan mampu menggali sesuatu lebih dalam.

Tidak hanya lewat blog, sebagai alternatifnya kamu juga dapat membuat konten video/vlog yang belakangan ini cukup populer di kalangan millennial. Walau konten yang kamu buat dapat sama informatifnya dengan blogging, namun vlogging akan sedikit menuntutmu untuk memiliki kemampuan editing video—yang dapat kamu pelajari seperti yang telah saya jelaskan pada poin sebelumnya.

Dengan melakukan beberapa tip di atas, kamu akan memicu jiwa kreatif dalam dirimu untuk tampil dan membuatmu bersinar. Jangan biarkan rasa takut akan kritik dan penolakan menghambat kreativitasmu. Terus berkarya dan jadilah yang terbaik di mana pun kamu berada!

Semoga tip di atas dapat memicu kreativitas dalam kehidupan sehari-hari.

Sumber: Technasia



Leave a Reply

X
X