Jenis dan Manfaat Soft Skill Karyawan untuk Keberhasilan Perusahaan

Keberhasilan suatu perusahaan sangat bergantung pada kemampuan dan keterampilan karyawan yang ada dalam perusahaan tersebut. Perusahaan perlu mengadopsi visi, misi dan strategi yang tepat dan didukung oleh strategi SDM dan budaya perusahaan yang tepat. Melalui strategi SDM yang tepat dan didukung dengan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki, karyawan akan menyerahkan seluruh kemampuannya untuk melaksanakan pekerjaan dalam rangka mencapai tujuan perusahaan, sehingga dapat memberikan dampak positif bagi keberlangsungan perusahaan.

Soft skills merupakan kompetensi yang bersifat non-teknis yang menunjuk pada karakteristik kepribadian. Keterampilan dan pengetahuan yang dimiliki dapat membuat karyawan tersebut bekerja dengan cepat, kreatif, inovatif. Soft skills adalah hal yang berkaitan dengan kecerdasan emosional, sifat dan kepribadian, ketrampilan sosial, komunikasi, berbahasa, leadership, kemampuan negosiasi, kebiasaan pribadi, keramahan dan optimisme yang mencirikan kemampuan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain (inter-personal skills). Soft skill juga menjelaskan mengenai keterampilan dalam mengatur diri sendiri (intra-personal skills) yang dikembangkan secara maksimal unjuk memberikan dampak positif bagi dunia professional seseorang, seperti manajemen waktu, kejujuran, tanggung jawab.

Seseorang dengan penguasaan soft skills yang baik akan mencerminkan kemampuan yang melebihi dari kapasitas sebagai karyawan. Kemampuan ini muncul dikarenakan karyawan tersebut secara mandiri mampu menggerakkan proses-proses internal untuk terus belajar, berusaha dan menemukan sesuatu yang memberi keuntungan bagi pekerjaannya ataupun bagi pengembangan diri. Dengan demikian, soft skills penting untuk dikuasai karena diperlukan oleh seseorang untuk mengembangkan dirinya dalam melakukan dan menyelesaikan pekerjaan.

Jenis dan Manfaat Soft Skills dalam Profesi

Di bawah ini disajikan jenis-jenis dan manfat Soft Skills untuk menunjang anda dalam menggeluti profesi.

Communication Skills (Keterampilan berkomunikasi)
Seseorang dengan keterampilan komunikasi yang baik pasti memiliki kemampuan dalam mengolah informasi yang diperolehnya. Baik secara lisan ataupun tulisan secara presisi. Lain dari itu, mereka yang mempunyai keterampilan komunikasi dapat memberikan feedback informasi dengan tepat dan akurat. Dan feedback informasi tersebut bisa diterima serta dimengerti dengan gampang oleh individu lain.

Interpersonal Skills (Keterampilan Interpersonal)
Interpersonal Skills merupakan kemampuan dalam berhubungan secara baik dengan lawan bicara atau individu lain.  Anda merupakan individu pendengar yang baik, serta tidak mudah menghakimi individu lain. Anda gemar sharing berbagi ide dan masukan.  Sebagai individu yang memiliki interpersonal skills, anda akan menjadi mitra atau partner yang selalu bersedia ketika mitra kerja memerlukan kehadiran anda.

Problem Solving and Critical Thinking (Menyelesaikan masalah dan Berpikir Kritis)
Keterampilan ini merupakan gabungan kemampuan dalam menganalisis dan mengidentifikasi sebuah problem, serta mampu memberikan beberapa alternatif solusi dalam menyelesaikan masalah.  Mampu menggunakan nalar yang logis merupakan kemampuan di dalam Problem Solving. Sehingga pendekatan suatu problem akan mudah diselesaikan secara efektif dan efisien.

Active Listening (Aktif mendengarkan)
Suatu kemampuan mengelola diri sendiri untuk bersedia mendengarkan individu lain, serta dapat mengambil manfaat dari opini atau pendapat masukan individu lain. Anda melakukan interupsi hanya ketika memang harus dilakukan. Bukan hanya sekedar ingin kelihatan bersuara ataupun tampak kelihatan aktif.  Mendengarkan merupakan kemampuan non teknis yang cukup penting untuk memdapatkan informasi yang lengkap, agar kelak tidak salah persepsi.

Active Learning (Aktif belajar)
Anda harus aktif belajar untuk menambah ilmu pengetahuan dan wawasan, terlebih apabila terkait dengan profesi pekerjaan anda.  Aktif membaca dari berbagai media dan platform. Serta bersedia untuk belajar tentang hal-hal baru yang bermanfaat untuk pengembangan diri pribadi dan karir anda. Ini merupakan salah satu soft skills yang perlu dan patut dilatih secara kontinyu.

Organizational Skills (Keterampilan berorganisasi)
Anda diharapkan mampu melakukan pendekatan yang sistematis dalam hal pembagian tugas. Serta mampu memberikan wewenang kepada setiap individu yang terlibat di dalam organisasi.  Organizational Skills merupakan kemampuan anda untuk melihat dan memetakan konsep the right man at the right place.

Time Management Skills (Keterampilan mengelola waktu)
Tuntutan kemampuan untuk mengelola waktu pribadi, sehingga setiap tugas dapat diselesaikan sesuai tenggat waktu yang telah ditentukan di awal.  Anda mesti mampu menentukan skala prioritas kerja, sehingga akan diperoleh hasil tugas-tugas yang tidak tertunda, atau bahkan tidak terlaksanakan.

Team Player (Pemain Tim)
Keterampilan atau kemampuan anda di dalam bekerja sama dengan individu lain, saling mendukung di dalam tim, serta saling memperkuat satu sama lain. Sehingga kelak akan terjadi sinergi dan hasil yang maksimal. Anda mesti bersedia bekerja sama dengan siapapun. Mempunyai kemampuan menjadi pemimpin, serta sekaligus menjadi anggota tim sesuai dengan situasi yang ada.  Anda mampu berbagi tanggung jawab dengan anggota tim, serta menerima apresiasi di kala meraih sukses. Atau bersedia menerima tanggung jawab di saat mengalami kegagalan.

Professionalism (Bersikap Profesional)
Profesional merupakan karakter yang sulit untuk didefinisikan, akan tetapi sangat gampang terlihat ketika anda tidak melakukannya.  Individu yang rajin datang pagi hari di kantor dan pulang di sore hari sesuai dengan aturan jam kerja itu sudah memenuhi kriteria profesional. Akan tetapi apabila dalam pekerjaannya individu tersebut tidak pernah memenuhi deadline, timeline atau target pekerjaan, maka bisa jadi individu tersebut tidak professional.  Profesional bisa bersifat subyektif, tergantung sampai sejauh mana ekspektasi masing-masing individu, antara bawahan dengan atasan. Akan tetapi secara umum dapat didefinisikan, bahwa profesional adalah individu yang selalu tepat waktu, sopan dan santun dalam bertindak, menyenangkan orang lain, dalam berpakaian formal dan pantas, serta mempunyai tanggungjawab pada tugas dan kewajibannya.

Flexibility and Adaptability (Fleksibel dan Beradaptasi)
Anda mempunyai kemampuan beradaptasi dan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan. Baik lingkungan kerja pada saat ini, atau kelak di lingkungan kerja yang baru. Wujud reaksi dan respon anda terhadap lingkungan sekitar menjadi hal penting dalam proses pengembangan karir dan diri pribadi anda.

Dengan begitu pentingnya keterampilan ini untuk dimiliki setiap karyawan, maka pelajari dengan benar dan manfaatkan dalam pekerjaan anda. Berikut manfaat penguasaan soft skill karyawan bagi keberhasilan perusahaan :

1. Soft Skill Sebagai Pelengkap Hard-Skill

Bagi sebagian besar pekerjaan dan dunia profesional, keterampilan teknis saja tidak cukup untuk melakukan dan menyelesaikan pekerjaan secara baik dan efektif. Sebagai contoh, seseorang yang berada di area sales, diharuskan untuk memiliki keterampilan komunikasi yang baik agar dapat memperoleh dealing serta mempertahankan klien. Contoh lainnya adalah seorang manajer bisnis. Seorang manajer bisnis harus memiliki leadership yang baik agar dapat mendengarkan karyawan, memiliki keterampilan berbicara yang baik, serta mampu berpikir kreatif dan inovatif. Memiliki hard skill memang penting, namun soft skill dianggap memegang peranan yang lebih penting dalam kesuksesan seseorang.

2.Soft Skills Lebih Susah Secara Keseluruhan Untuk Dipelajari.

Soft skill adalah kemampuan yang juga bisa dilatih seperti halnya hard skill, namun memang keterampilan ini tidak banyak didapat di institusi pendidikan. Dalam satu penelitian, institusi pendidikan hanya mengajarkan 10% soft skill dan 90% institusi pendidikan mengajarkan 90% hard skill. Pada kenyataanya, dalam rangka mendapatkan pekerjaan memang diperlukan hard skill, namun untuk mempertahankan pekerjaan dan membantu meraih kesuksesan, soft skill adalah hal yang paling dibutuhkan. Tidak seperti halnya hard skill yang mudah untuk diukur, soft skill adalah kemampuan yang diperlukan dalam rangka melengkapi hard skill. Untuk mengembangkan soft skill, dibutuhkan beberapa usaha seperti kesadaran diri sendiri untuk maju dan berkembang, latihan terus-menerus dan komitmen untuk pengembangan diri untuk meningkatkan keterampilan non-teknis.

3. Di Masa Depan Perusahaan Akan Lebih Mengandalkan Soft Skill.

Otomasi dan kecerdasan buatan akan menghasilkan proporsi pekerjaan yang lebih besar dengan mengandalkan soft skills. Berkat teknologi, tugas yang membutuhkan hard skill akan terus menurun. Deloitte Aes melakukan riset yang memprediksi bahwa dua pertiga dari semua pekerjaan di dunia ini akan bergantung pada keterampilan soft skill pada tahun 2030 dan tren ini pasti akan tercermin secara global.

Tentu setiap organisasi ingin memiliki karyawan dengan tingkat kemampuan yang tinggi atau terampil dalam satu keahlian. Namun hal penting di atas itu semua, adalah bagaimana setiap orang bisa bekerja maksimal dan tetap optimal bekerja dalam tim.Dengan menguasai soft skill dengan baik beberapa keuntungan yang akan didapat seorang karyawan, diantaranya:

  • Memiliki arah karir yang jelas, karena memiliki kesempatan mempertahankan posisinya di organisasi
  • Memiliki hubungan yang baik dengan setiap orang di perusahaan karena mampu menguasai diri dengan baik.
  • Meningkatkan peforma perusahaan karena setiap karyawan adalah bagian penting dalam perkembangan organisasi.

Semakin anda piawai dalam mengelola Soft Skills, kelak akan semakin tinggi potensi tingkat keberhasilan anda dalam meniti karir. Bukan hanya Hard Skills yang diutamakan, akan tetapi eksistensi Soft Skills sudah menjadi keharusan di dalam meniti karir.

Di tempat kerja, anda akan melibatkan banyak individu dengan sekian banyak kompetensi. Sehingga semakin anda piawai dalam berinteraksi dengan individu lain secara baik, yakni dengan berlatih Soft Skills, maka akan semakin melejit progress jenjang karir anda.

Sumber : Janette & Stok Jogja



Tinggalkan Balasan

X
X